Bisa Bercerita di Perpustakaan Kota Yogyakarta

#purwonews 06/03.

Perpustakaan Kota Yogyakarta menyelenggarakan kembali Lomba Bercerita bagi siswa SD/MI Se-Kota Yogyakarta
Thn.2017.
Delegasi dari SD Muh Purwo I; Ranggah Dwi Admadja & Viakitana.
Rangga beraksi ddengan urutan ke 4(A), sedangkan Via urutan ke 5(B).
Alhamdulillah team lomba bercerita SD Muhammadiyah purwodiningratan satu, sudah menyelesaikan amanat 😄 semoga diberikan keberuntungan dan kebaikan dari Alloh Swt. Amiin #infopendamping

WhatsApp Image 2017-03-06 at 09.32.08

#infoterkait ; 
Layanan PerPus Kota Yogya::
Senin 13.00-20.00
Selasa – Kamis 08.00-20.00
Jumat-Minggu 09.00-20.00

#infomenulis#untukanak : 

Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Forum Lingkar Pena Yogyakarta untuk mengadakan Sanggar Menulis Cahaya atau SMC. Sanggar Menulis Cahaya ini adalah program kelas menulis gratis yang diperuntukan untuk anak-anak SD di kota Yogyakarta. Diharapakan dari kelas ini akan mencetak penulis-penulis baru yang dapat berkembang di masa yang akan datang.
Pada tahun 2016, SMC telah memasuki angkatan ke 8.
Pada tahun ini pula, anak-anak peserta didik SMC berhasil menghasilkan kumpulan cerita pendek yang disusun dalam satu buku yang berjudul Impian Adekku dan Cerita-cerita Lainnya. Buku ini adalah hasil proses belajar peserta SMC angkatan 8.
Dengan acara bedah buku ini diharapkan dapat lebih memotivasi peserta Sanggar Menulis Cahaya khususnya, dan anak-anak di kota Yogyakarta secara umum, agar terus menulis dan menghasilkan karya-karya lain.

Unduh Formulir, klik: Formulir Pendaftaran SMC 9
• FORMULIR INI BISA DIPERBANYAK SESUAI DENGAN KEBUTUHAN.
• FORMULIR INI DIKUMPULKAN PALING LAMBAT TANGGAL 7 MARET 2017
JAM 15.00 WIB DI BAG. INFORMASI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA.
• PENGUMPULAN FORMULIR INI HARUS DISERTAI DENGAN CERITA PENDEK (TULIS TANGAN) KARYA ORISINAL DARI CALON PESERTA SMC 9.

SMC 9

Manfaat Bercerita 

Manfaat bercerita dengan kata lain adalah menyalurkan kebutuhan imajinasi dan fantasi sehingga dapat memperluas wawasan dan cara berfikir anak. Ditinjau dari berbagai aspek, manfaat tersebut akan diuraikan sebagai berikut :
a. Membantu pembentukan pribadi dan moral anak
Cerita sangat efektif untuk mempengaruhi cara berfikir dan cara berperilaku anak karena mereka senang mendengarkan cerita walaupun dibacakan secara berulang-ulang. Pengulangan imajinasi anak, dan nilai kedekatan guru dan orang tua membuat cerita menjadi efektif untuk mempengaruhi cara berfikir mereka.
Cerita mendorong perkembangan moral anak karena beberapa sebab, yaitu sebagai berikut :
  1. Menghadapkan siswa kepada situasi yang mengandung “konsiderasi” yang sedapat mungkin mirip dengan yang dihadapi siswa dalam kehidupan.
  2. Cerita dapat memancing siswa menganalisis situasi, dengan melihat bukan hanya yang nampak tetapi juga sesuatu yang tersirat didalamnya, untuk menemukan isyarat-isyarat halus yang tersembunyi tentang perasaan, kebutuhan dan kepentingan orang lain.
  3. Cerita mendorong siswa untuk menelaah perasaan sendiri sebelum ia mendengar respon orang lain untuk dibandingkan.
  4. Cerita mengembangkan rasa konsiderasi yaitu pemahaman dan penghayatan atas apa yang diucapkan/dirasakan tokoh hingga akhirnya anak memiliki konsiderasi terhadap tokoh lain dalam alam nyata

b. Menyalurkan kebutuhan imajinasi dan fantasi

Anak-anak membutuhkan penyaluran imajinasi dan fantasi tentang berbagai hal yang selalu muncul dalam pikiirannya. Masa usia pra sekolah merupakan masa-masa aktif anak berimajinasi. Tak jarang anak “mengarang” suatu cerita sehingga oleh sebagian orang tua dianggap sebagai kebohongan. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya, imajinasi anak-anak sedang membutuhkan penyaluran. Salah satu tempat yang tepat adalah cerita.
Anak membutuhkan dongeng atau cerita karena beberapa hal :

  1. Anak membangun gambaran-gambaran mental pada saat guru memperdengarkan kata-kata yang melukiskan kejadian.
  2. Anak memperoleh gambaran yang beragam sesuai dengan latar belakang pengetahun dan pengalaman masing-masing.
  3. Anak memperoleh kebebasan untuk melakukan pilihan secara mental.
  4. Anak memperoleh kesempatan menangkap imajinasi dan citraan-citraan cerita: citraan gerak, citraan visual, dan auditif.
c. Memacu kemampuan verbal anak
Cerita yang bagus tidak sekedar menghibur tetapi juga mendidik, sekaligus merangsang perkembangan komponen kecerdasan linguistik yang paling penting yakni kemampuan menggunakan bahasa untuk mencapai sasaran praktis. Selama menyimak cerita, anak belajar bagaimana bunyi-bunyi yang bermakna diajarkan dengan benar, bagaimana kata-kata disusun secara logis dan mudah dipahami, bagaimana konteks berfungsi dalam makna.
Memacu kecerdasan linguistik merupakan kegiatan yang sangat penting. Pernyataan ini didukung oleh pendapat sejumlah ahli, bahwa diantara komponen kecerdasan yang lain, kecerdasan linguistiklah yang mungkin merupakan kecerdasan yang paling universal.
Cerita mendorong anak bukan saja senang menyimak cerita, tetapi juga senang bercerita atau berbicara. Anak belajar tentang tata cara berdialog dan bernarasi dan terangsang untuk menirukannya.Kemampuan pragmatik terstimulasi karena dalam cerita ada negosiasi, pola tindak-tutur yang baik seperti menyuruh, melarang, berjanji, mematuhi larangan dan memuji.
Memacu kemampuan bercerita anak merupakan sesuatu yang penting, karena beberapa alasan, yaitu : Pertama, anak memiliki kosa kata cenderung berhasil dalam meraih prestasi akademik. Kedua, anak yang pandai berbicara memperoleh perhatian dari orang lain. Hal ini penting karena pada hakikatnya anak senang menjadi pusat perhatian dari orang lain. Ketiga, anak yang pandai berbicara mampu membina hubungan dengan orang lain dan dapat memerankan kepemimpinannya dari pada anak yang tidak dapat berbicara. Berbicara baik mengisyaratkan latar belakang yang baik pula. Keempat, anak yang pandai berbicara akan memiliki kepercayaan diri dan penilaian diri yang positif, terutama setelah mendengar komentar orang tentang dirinya.
d. Merangsang Minat menulis
Pengaruh cerita terhadap kecerdasan bahasa anak diakui oleh Leonhardt. Menurutnya cerita memancing rasa kebahasaan anak.. Anak yang gemar mendengar dan membaca cerita akan memiliki kemampuan berbicara, menulis dan memahami gagasan rumit secara lebih baik Leonhardt, (1997:27). Ini berarti selain memacu kemampuan berbicara, menyimak cerita juga merangsang minat menulis anak.
e. Merangsang minat baca anak
Bercerita dengan media buku, menjadi stimulasi yang efektif bagi anak TK, karena pada waktu itu minat baca pada anak mulai tumbuh. Minat itulah yang harus diberi lahan yang tepat, antara lain melalui kegiatan bercerita. Menstimulasi minat baca anak lebih penting dari pada mengajar mereka membaca, menstimulasi memberi efek yang menyenangkan, sedangkan mengajar seringkali justru membunuh minat baca anak, apalagi bila hal tersebut dilakukan secara dipaksa.

WhatsApp Image 2017-03-06 at 09.37.57

 

Sumber Tulisan/Info :

1.) http://arsipdanperpustakaan.jogjakota.go.id/detail_berita.php?view_id=253&content_id=1

2.) https://www.facebook.com/puskotjogja/?pnref=story

3.) http://www.definisi-pengertian.com/2015/05/manfaat-bercerita-bagi-pendidikan-anak.html

4.) https://rizki-nisa.blogspot.co.id/2013/06/manfaat-bercerita-pada-anak.html

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read previous post:
Ada Presensi Sidik Jari di Sekolah

Bagi Dunia Pendidikan tentunya dengan adanya Presensi Sidik Jari (Fingerprint) banyak sekali manfaat yang bisa di dapat. Di era digital,

Close