Ada Presensi Sidik Jari di Sekolah

Bu Westri - Sidik Jari
Sejak Selasa 1 Maret 2017. Tenaga Pendidik & Kependidikan SD Muh Purwo I Yogyakarta, mulai menggunakan “Presensi Sidik Jari” (Fingerprint). Foto: Ibu Kepala Sekolah SD Muh Purwo I, mengawali “presensi” pagi.

Bagi Dunia Pendidikan tentunya dengan adanya Presensi Sidik Jari (Fingerprint) banyak sekali manfaat yang bisa di dapat. Di era digital, manusia yang hidup di lingkungan pendidikan pun sangatlah perlu menyesuaikan perkembangan dunia yang senantiasa menghasilkan alat terbaru. Teknologi yang dapat mendukung hal tersebut disebut sebagai “biometrik”.

Biometrik adalah metode untuk mengindentifikasi atau mengenali seseorang berdasarkan karakteristik fisik atau perilakunya. biometrik memang kini mulai jadi trend. Pilihannya kian beragam, mulai dari sidik jari, pola wajah, pola suara hingga lapisan iris dari mata. Dan pada makalah ini akan dibahas system biometric untuk absensi sidik jari.

Adapun Manfaat Absensi Sidik Jari (Fingerprint) Bagi Dunia Pendidikan adalah : 1. Guru, Staf Tata Usaha dan siswa akan datang tepat waktu. 2. Data yang masuk akan lebih akurat dan tidak bisa dimanipulasi. 3. Memudahkan admin dalam membuat laporan kehadiran harian dan bulanan secara lebih detail. 4. Efisiensi waktu dan tenaga. Nah, itulah beberapa keuntungan atau manfaat yang dapat diperoleh jika kita menggunakan teknologi yang satu ini.

Untuk mengetahui manfaat yang lain serta kekeurangan presensi sidik jari (fingrprint), dapat disimak pada tulisan berikut ini:

 

Presensi Sidik Jari - Pak Ardian
28/02. Serah Terima Pengadaan Alat “Presensi Sidik Jari (Fingerprint)”. *digunakan untuk Tenaga Pendidik & Kependidikan SD Muh Purwo I Yogyakarta

12 Manfaat Absensi Presensni Sidik Jari (Fingerprint):

 

1. Praktis

Manfaat pertama dari metode absensi dengan menggunakan sidik jari atau fingerprint adalah praktis. Itu artinya absensi dengan menggunakan alat pendeteksi sidik jari ini tidak membutuhkan berbagai macam prosedur, seperti mengambil kartu, mengambil daftar nama, dan segala macamnya.

Para pegawai hanya perlu menempelkan jempol atau bagian dari jari pada mesin pendeteksi sidik jari atau fingerprint, dan proses memproses data absensi dalam memverifikasikan kehadiran dalam suatu kegiatan di kantor ataupun kampus anda dapat selesai dengan cepat. Mudah dan sangat praktis bukan?

2. Menghemat waktu

Manfaat berikutnya dari absensi dengan menggunakan metode fingerprint atau menggunakan sidik jari adalah dapat menghemat banyak waktu. Kegiatan menempelkan jari pada mesin fingerprint atau pendeteksi sidik jari tersebut apabila dihitung secara matematis, tidak sampai satu menit. Berbeda dengan metode absensi yang menggunakan kartu absensi, ataupun tandatangan yang membutuhkan waktu cukup lama.

3. Mencegah terjadinya ‘titip absen’

Bagi Anda yang suka melakukan ‘titip absen’ mohon maaf, hal ini tidak berlaku lagi dan tidak dapat terjadi pada mesin absensi yang menggunakan metode pemindahan dari sidik jari. Hal ini terjadi karena mesin pemindah atau scanner sidik jari hanya akan dapat merespon sidik jari yang sesuai dengan apa yang ada di dalam database perusahaan atau database kampus.

Titip absen sendiri sebenarnya sangatlah merugikan baik dari pihak oknum pelaku dan juga bagi pihak kampus ataupun pihak kantor. Sehingga paling tidak, dengan adanya metode absensi dengan menggunakan sidik jari ini, kekurangan tersebut dapat dicegah.

4. Mencatat waktu kedatangan dan kepergian secara akurat

Salah satu dampak positif dari pemanfaatan metode absensi dengan menggunakan pemindaian sidik jari alias fingerprint adalah mampu untuk mencatat secara akurat waktu kedatangan dan kepergian, terutama bagi anda para karyawan yang bekerja dengan sistem shift. Dengan begitu, setiap pegawai yang terlambat datang ke tempat kerja, maka hal ini akan langsung tercatat pada database secara akurat.

5. Dapat segera mencatat bonus bagi seorang karyawan

Hal ini dapat terjadi terutama ketika kantor tempat Anda bekerja menggunakan sitem bonus dan juga uang tambahan per harinya. Dengan menggunakan absensi dari mesin sidik jari atau fingerprint, waktu kedatangan dan kepergian Anda akan dicatat secara akurat, yang juga dapat menentukan, apakah Anda berhak untuk mendapatkan bonus atau tunjangan atau tidak.

6. Menghemat kertas

Manfaat absensi fingerprint lainnya adalah dapat menghemat kertas. Saat ini, penggunaan kertas tengah disorot karena kertas yang dibuat dari kayu membuat banyak sekali isu-isu mengenai penebangan liar.

Dengan mengandalkan absensi yang menggunakan sidik jari, maka suatu perusahaan atau universitas sudah menerapkan konsep go green, dan juga ramah lingkungan, karena tidak perlu menggunakan kertas dalam melakukan proses absensinya.

7. Bentuk alat yang kompak dan tidak membutuhkan banyak ruang

Alat scanner atau pemindai sidik jari alias fingerprint yang biasa digunakan sebagai absensi memiliki bentuk yang kompak dan ukuran yang sangat kecil. Dengan kondisi ukuran dari alat ini, maka alat ini tidak membutuhkan ruang khusus yang besar untuk meletakkanya. Perusahaan dapat meletakkan alat ini pada tembok-tembok, tanpa harus menyediakan ruang khusus, dan juga dapat menghemat ruang.

8. Tidak perlu repot menandatangani kertas

Kerepotan juga dapat terjadi ketika harus melakukan absensi dengan cara lama, yaitu penandatanganan pada lembar kehadiran. Biasanya metode absensi dengan menggunakan tandatangan memiliki kerepotan tersendiri, dan yang paling sering terjadi adalah kesalahan menandatangani kolom nama, yang dapat membuang waktu.

9. Mengurangi kemungkinan manipulasi terhadap data kehadiran

Tidak hanya titip absen yang sering dilakukan karyawan atau mahasiswa yang nakal, namun terkadang operator pada bagian absensi atau kehadiran pun sering memanipulasi kehadiran seseorang. Mereka dapat menghapus dan tidak meng-input nama seseorang untuk maksud tertentu, yang nantinya malah akan merugikan orang lain.

10. Menghindari terjadinya human error

Manfaat lainnya dari metode absensi dengan menggunakan sidik jari atau fingerprint adalah mampu mencegah munculnya human error, terutama dalam proses input kehadiran secara manual ke dalam database. Kesalahan input yang diakibatkan human error dapat terjadi dan merugikan banyak pihak. Dengan menggunakan scanner atau pemindai sidik jari, maka kesalahan input yang terjadi karena humanerror dapat dicegah.

11. Langsung tercatat dalam database

Proses pencatatan yang terjadi pada satu sistem scanner sidik jari sangatlah cepat. Begitu Anda menempelkan sidik jari pada mesin tersebut, maka data Anda akan langsung masuk dan tercatat di dalam database perusahaan ataupun kampus. Proses ini terjadi kurang dari 1 detik saja.

12. Tidak perlu menggunakan kartu

Bagi para pegawai yang sering lupa dan teledor dalam meletakkan barang, tentu saja absensi dengan menggunakan metode fingerprint ini sangat bermanfaat bagi. Anda tidak perlu lupa dan repot mencari-cari kartu pass, apalagi bagi yang sering kehilangan barang, kehilangan kartu pass pastilah sangat menghambat proses absensi.

 

3 Kekurangan Absensi Presensi Sidik Jari (Fingerprint):

Walaupun mesin menawarkan beberapa kelebihan, namun tidak menutup kemungkinan masih ditemukannya beberapa kekurangan yang terdapat dalam mesin absensi sidik jari diantarannya:

1.) Sering terjadi kesalahan dalam proses identifikasi
Mesin ini memiliki kelemahan yang pertama yaitu seringnya terjadi kesalahan pada saat pemindaian dikarenakan scanner tidak bisa mendeteksi sidik jari seseorang bila scanner dalam kondisi kotor karena terdapat banyak sekali bekas sidik jari yang menempel, basah karena sering terkena air atau keringat dari jari seseorang dan scanner terkena cahaya secara langsung sehingga kinerja sistem menurun dan proses identifikasi harus diulang.
2.) Membutuhkan perawatan yang rutin
Untuk tetap menjaga supaya scanner bisa bekerja dengan maksimal dan tidak mengalami penurunan sistem, perawatan yang rutin perlu dilakukan agar scanner tetap bersih setiap saat untuk mencegah terjadinya kesalahan. Dalam memebrsihkannya pun tidak boleh menggunakan air atau lap basah karena mesin sangat rentan kerusakan yang disebabkan oleh air.
3.) Kinerja scanner kurang maksimal
Scanner memiliki kelemahan dimana sistem sensor tidak bisa mendeteksi jari yang basah, terlalu kering, terkelupas, kotor, dan juga tertutup oleh tinta. Oleh karena itu, sebelum melakukan proses identifikasi, jari seseorang harus dalam keadaan bersih dan kering.

 

Sistem teknologi  presensi sidik jari dengan menggunakan sebuah alat fingerprint yaitu peralatan presensi canggih yang dapat merekam sidik jari seseorang. Mampu membuat kerja manusia menjadi lebih ringan. Beberapa kelebihan dan kekurangan teknologi pastinya ada, semoga menjadikan evaluasi dan menjadi kebermanfaatan bagi para penggunanya.  Demikian,  berita dan ulasan singkat yang diselarasakan dari berbagai sumber, semoga dapat menambah wawasan bagi para pembaca.

 

 

Sumber Tulisan :

1.) http://manfaat.co.id/12-manfaat-absensi-fingerprint

2.) https://masthink.wordpress.com/2012/11/13/teknis-dan-cara-kerja-mesin-sidik-jari-finger-print/

3.) http://hargafingerprintreader.blogspot.co.id/2016/03/kelebihan-dan-kelemahan-absensi-sidik.html

4.) http://www.smait-asta.sch.id/manfaat-absensi-sidik-jari-fingerprint-bagi-dunia-pendidikan/

5.) https://fmipa.unmul.ac.id/files/docs/Jurnal-Adi%20Irawan.pdf

Sumber Foto : Dokumen Visulal SD Muh. Purwosatu Yogyakarta 2017

Comments

comments

Satu tanggapan untuk “Ada Presensi Sidik Jari di Sekolah

  • 19 Juni 2019 pada 4:05 pm
    Permalink

    izin copas beberapa teks nya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read previous post:
Contoh Cipta Motif Batik Kreasi Anak

Berikut ini adalah contoh, sebagai gambaran mengerjakan soal Penilaian Tengah Semester Gasal Tahun Akademik 2016/2017: KELAS 4 : Buatlah gambar

Close